PENGERTIAN KEARIFAN LOKAL

PENGERTIAN KEARIFAN LOKAL

Kearifan lokal, terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) atau kebijaksanaan dan lokal (local) atau setempat.[1] Jadi kearifan lokal adalah gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.Dalam pengertian kamus Inggris Indonesia John M. Echols dan Hassan Syadily, kearifan lokal disebut local wisdom yang berarti kearifan atau kebijaksanaan di suatu tempat ataupun wilayah tertentu.

Menurut Sartini (2004) dalam penelitiannya yang berjudul Menggali Kearifan Lokal[2] dia mengatakan Lokal Genius adalah ide-ide lokal yang memilki karakteristik seperti: bijaksana, penuh hikmat, nilai-nilai yang baik, yang ditanam dan diikuti oleh masyarakat. Local genius juga merupakan kearifan lokal, berdiri dari luar berbudaya, yang mengakomodasi dan mengintegrasikan budaya luar ke dalam, dan memberi mereka dengan cara yang benar. Local genius muncul kepada nilai, norma, iman, adat, dll. Mereka memiliki arti khusus dan fungsi.Pasti berubah karena lintas budaya dan globalisasi. Ini memberikan tantangan untuk mengeksplorasi dan mengkritik dengan cara ilmiah.
Definisi kearifan lokal secara bebas dapat diartikan nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam suatu masyarakat.Hal ini berarti, untuk mengetahui suatu kearifan lokal di suatu wilayah maka kita harus bisa memahami nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam wilayah tersebut.Kalau mau jujur, sebenarnya nilai-nilai kearifan lokal ini sudah diajarkan secara turun temurun oleh orang tua kita kepada kita selaku anak-anaknya.
Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka penulis  menyimpulkan kearifan lokal adalah sesuatu yang memiliki nilai-nilai budaya yang baik yang sebenarnya sudah diajarkan semenjak lama dari nenek moyang kita terdahulu dan masih dipertahankan dan dilestarikan dari generasi ke generasi sehingga menjadi sebuah tradisi yang lumrah.
Kearifan lokal adalah dasar untuk pengambilan kebijakkan pada level lokal dibidang kesehatan, pertanian, pendidikan, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup dan kegiatan masyarakat pedesaan. Dalam kearifan lokal, terkandung pula kearifan budaya lokal. Kearifan budaya local sendiri adalah pengetahuan local yang sudah sedemikianmenyatu dengan sistem kepercayaan, norma, dan budaya serta diekspresikan dalamtradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama



[1] Jhon M. Echols dan Hassan Shadzily, 1976, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia. 
[2]Sartini, Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafat, (Dosen Filsafat Kebudayaan, Fakultas Filsafat UGM), Jurnal Filsafat, Agustus 2004, http://dgi-indonesia.com/wp-content/uploads/2009/02/menggalikearifanlokalnusantara1.pdf didownload pada tanggal 20 Okt 2014

0 comments:

Copyright © 2013. BloggerSpice.com - All Rights Reserved
Customized by: MohammadFazle Rabbi | Powered by: BS
Designed by: Endang Munawar