ULANGAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Mata Pelajaran : Biologi
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA DARUN NASYA
Kp. Pasir Handap 01/14 Desa
Pagerwangi Lembang Bandung Barat 087743825333
|
ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata
Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Hari
/ Tanggal
|
:
|
Selasa
/ 10 Juni 2014
|
Waktu
|
:
|
10.30
– 12.00
|
Kelas
/ Program
|
:
|
X
|
SoalPilihanGanda
1.
Kingdom animalia dibagi kedalam 2
bagian yaitu ...
a.
Mamalia dan Annelida
b.
Invertebrata dan Vertebrata
c.
Invertebrata dan Annelida
d.
Vertebrata dan Mamalia
e.
Porifera dan Coelenterata
2.
Apa yang dimaksud dengan
Invertebrata ...
a.
Hewan yang tidak memiliki tulang
belakang
b.
Hewan yang memiliki tulang
belakang
c.
Hewan yang mempunyai pori-pori
d.
Hewan yang berongga
e.
Hewan yang bersegmen
3.
Ditemukan hewan yang menempel
didasar perairan, seluruh permukaan tubuhnya berlubang-lubang atau mempunyai
pori-pori dan memiliki saluran air. Hewan ini termasuk kelompok ...
a.
Porifera
b.
Coelenterata
c.
Echinodermata
d.
Platyhelminthes
e.
Nematelminthes
4.
Spongia
sp.
dimanfaatkan oleh manusia untuk ...
a.
Bahan dinamit
b.
Bahan isolator
c.
Penggosok tubuh
d.
Sumber protein
e.
Suplemen makanan
5.
Dibawah ini merupakan ciri dari
Coelenterata, kecuali ...
a.
Tubuh simetri radial
b.
Diploblastik
c.
Habitat diperairan
d.
Habitat di darat
e.
Memiliki rongga tubuh
6.
Sistem transportasi pada
platyhelminthes berlangsung dengan cara ...
a.
Melalui sistem pernapasan
sederhana
b.
Difusi melalui permukaan tubuh
c.
Menggunakan trakea
d.
Melalui faring dan kerongkongan
e.
Menggunakan lengkung insang
7.
Dibawah ini merupakan ciri-ciri
Nematelminthes, kecuali ...
a.
Hewan kosmopolit
b.
Reproduksi secara seksual
c.
Belum mempunyai peredaran darah
d.
Tubuh silindris beruas-ruas
e.
Tubuh berbentuk gilik (bulat panjang)
8.
Spesies dari Polychaeta pada
filum annelida yaitu ...
a.
Nereis
virens
b.
Lumbricus
terestris
c.
Hirudo
medicinalis
d.
Helmeadipsa
zeylanica
e.
Moniligaster
hautenii
9.
Ciri-ciri umum Insekta adalah
sebagai berikut ini, kecuali ...
a.
Ada kepala, dada, dan perut.
b.
Memiliki sepasang mata faset
(mata majemuk)
c.
Memiliki 2 pasang kaki
d.
Memiliki sepasang atau 2 pasang
sayap dengan bentuk bervariasi
e.
Bernapas dengan trakea.
10.
Contoh ikan bertulang rawan adalah
...
a.
Ikan hiu dan ikan pari
b.
Ikan gurame dan ikan mas
c.
Ikan lele dan ikan mujaer
d.
Ikan bandeng dan ikan lele
e.
Ikan hiu dan ikan gurame
11.
Ciri dari reptilia yaitu ...
a.
Bermetamorfosis
b.
Memiliki bulu diseluruh tubuh
c.
Bernapas dengan insang
d.
Alat gerak berupa dua pasang kaki
yang berjari-jari dan berkuku
e.
Berkembang biak dengan melahirkan
anaknya
12.
Berikut merupakan peranan
merugikan pada mamalia...
a.
Sebagai sumber protein
b.
Penyebar kuman penyakit
c.
Bahan industri kulit
d.
Bahan wol
e.
Alat transportasi
13.
Filum yang bernapas dengan
paru-paru yang berhubungan dengan pundi-pundi udara dan tubuhnya ditutupi oleh
bulu-bulu merupakan ...
a.
Aves
b.
Mamalia
c.
Pisces
d.
Amphibia
e.
Reptilia
14.
Hubungan interaksi antara makhluk
hidup dengan factor abiotik pada suatu lingkungan disebut ….
a.
Ekosistem
b.
Suksesi
c.
Habitat terrestrial
d.
Komunitas
e.
Nisia
15. 1.
Individu 2. Ekositem
3. Biosfer 4. Populasi
5. Komunitas
Urutan interaksi
dalam suatu ekosistem yang terjadi dari yang kecil hingga yang terbesar…
a.
1,2,3,4,5
b.
1,2,3,5,4
c.
1,4,5,2,3
d.
1,3,4,5,2
e.
2,3,4,5,1
16. Ekosistem
terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan disebut…
a.
Ekositem alami
b.
Ekosistem buatan
c.
Ekosistem terumbu karang
d.
Ekositem air laut
e.
Ekositem air tawar
17.
Berikut
ini yang bukan contoh ekosistem buatan adalah ….
a.
Perkebunan
b.
Perkotaan
c.
Pemukiman
d.
Pertanian
e.
Pegunungan
18.
Berikut ini merupakan
komponen-komponen penyusun ekosistem
I.
Udara
II.
Air
III.
Tumbuhan
IV.
Cahaya
V.
Hewan
Yang
merupakan komponen abiotik diantaranya ….
a.
I, II dan III
b.
II, III dan IV
c.
III, IV dan V
d.
I, II dan IV
e.
I, II dan V
19.
Interaksi antar dua spesies atau
lebih yang salah satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain tidak terpengaruh
adalah ….
a.
Komensialisme
b.
Amensialisme
c.
Parasitisme
d.
Mutualisme
e.
Netralisme
20.
Interaksi antara dua spesies atau
lebih yang masing-masing pihak memperoleh keuntungan adalah ….
a.
Komensialisme
b.
Amensialisme
c.
Parasitisme
d.
Mutualisme
e.
Netralisme
21. Contoh
simbiosis mutualisme adalah…
a.
Tanaman taliputra dengan inangnya
b.
Cacing dengan manusia
c.
Kupu-kupu dengan tumbuhan
berbunga
d.
Anggrek dengan pohon yang
ditumpanginya
e.
Taliputri yang hidup melilit pada
tanaman pagar
22.
Berikut ini yang merupakan
produsen adalah ….
a.
Tikus
b.
Tanaman Padi
c.
Ular
d.
Elang
e.
Belalang
23.
Proses perubahan ekosistem dari
ekosistem tidak seimbang (rusak) menjadi seimbang disebut ….
a.
Adaptasi
b.
Suksesi
c.
Homeostasis
d.
Eutrofikasi
e.
Predasi
24.
Bila populasi tumbuhan dalam
ekosistem hutan dimusnahkan maka…
a.
Ekosistem tersebut akan labil
b.
Tidak mempengaruhi ekosistem
c.
Akan diikuti musnahnya populasi
lain
d.
Tidak akan ada spesies hewan yang
ikut musnah
e.
Hanya populasi tumbuhan saja yang
akan mati
25.
Cahaya matahari sangat berperan
langsung pada organisme ….
a.
Pengurai
b.
Konsumen tingkat II
c.
Zat organic
d.
Konsumen tingkat I
e.
Produsen
26.
Jaring-jaring makanan merupakan
…..
a.
Perpindahan materi dari organisme
yang satu ke organisme yang lain dengan alur searah melalui proses
makan-dimakan
b.
Gabungan dari berbagai rantai
makanan yang saling berhubungan dan kompleks
c.
Proses peredaran unsur-unsur
kimia dari lingkungan melalui komponen biotik
d.
Proses peredaran unsur-unsur
kimia dari lingkungan melalui komponen abiotik
e.
Susunan tingkat trofik secara
berurutan menurut rantai makanan
27.
Suatu lingkungan dikatakan sudah
tercemar bila……..
a.
Ditemukan bakteri dan jamur
pengurai
b.
Kuantitas dan kualitasnya menurun
c.
Mengandung makhluk hidup, zat,
dan energy yang tidak diinginkan
d.
Berfungsi sesuai dengan
peruntukkannya
e.
Jumlah dan kadar polutan melebihi
ambang batas
28.
Membuang sampah ke saluran air
dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Gangguan yang dimaksud adalah……..
a.
Berkurangnya kadar CO2
b.
Menurunnya kadar O2
c.
Terjadinya banjir
d.
Menimbulkan bau busuk
e.
Matinya mikroorganisme
29.
Lingkungan alam sekitar merupakan
sesuatu yang bermanfaat, oleh karena itu……
a.
Harus terus digunakan
b.
Harus terus dijaga
c.
Dipergunakan dan dipelihara
kelestariannya
d.
Dimanfaatkan untuk pembangunan
e.
Dimanfaatkan untuk masa yang akan
datang saja
30.
Pencemaran lingkungan dapat
ditimbulkan oleh berbagai polutan, salah satu diantaranya ialah pemupukan
kotoran dari peternakan. Cara mengatasi polutan tersebut sehingga menjadi
bermanfaat bagi manusia adalah……..
a.
Memanfaatkan untuk industri
kertas
b.
Mengolah menjadi makanan ternak
c.
Memroses sebagai bahan campuran
industri kayu lapis
d.
Mengeringkan dan memadatkan
sebagai bahan bakar
e.
Menampung dan memroses menjadi
biogas
31.
Pencemaran udara dalam kota dapat
menyebabkan kesehatan masyarakat terganggu. Salah satu cara mencegah pencemaran
tersebut adalah……..
a.
Menggalakkan penghijauan dalam
kota
b.
Menghentikan semua kegatan
industri dalam kota
c.
Membatasi jumlah kendaraan yang
masuk dalam kota
d.
Membatasi hak pemilikan kendaraan
dalam kota
e.
Mengadakan penyuluhan tentang
pentingnya kesehatan lingkungan
32.
Jika air dalam suatu kolam
tercemar oleh zat kimia tertentu, maka akibat yang akan tampak pertama kali
adalah…….
a.
Kematian ikan-ikan
b.
Musnahnya tumbuhan air
c.
Kematian semua organisme
d.
Hilangnya kesuburan
e.
Menurunnya kemampuan bakteri
pengurai
33.
Penghijauan yang dilakukan
dikota-kota besar bertujuan untuk……..
a.
Mengikat gas nitrogen di udara
b.
Menjaga kesetimbangan CO2
di udara
c.
Mengikat CO dan membebaskan O2
d.
Mengubah CO2 menjadi O2
e.
Menyerap air limbah industri
34. Hampir setiap hari,
kita menghasilkan berbagai jenis limbah yang mengganggu dan merusak lingkungan.
Apakah yang dimaksud dengan limbah?
a.
Buangan yang dihasilkan dari suatu proses
produksi yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak
dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.
b.
Suatu system di mana terjadi hubungan
(interaksi) saling ketergantungan antara komponen-komponen didalamnya.
c.
Masuknya makhluk hidup atau zat lain ke dalam
air yang menyebabkan kualitas air menurun.
d.
Segala sesuatu yang menyebabkan pencemaran
e.
Buangan yang dihasilkan dari suatu proses
produksi yang kehadirannya sangat
dibutuhkan oleh lingkungan.
35.
Manakah dibawah ini, yang merupakan jenis-jenis
limbah dilihat dari wujudnya?
a.
Limbah
cair
b.
Limbah gas
c.
Limbah padat
d.
Limbah suara
e.
Jawaban a, b, dan c benar
36. Jenis limbah apakah
yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit manusia?
a.
Beracun
b.
Mudah meledak
c.
Korosif
d.
Reaktif
e.
Mudah terbakar
37.
Manakah dibawah ini, Yang bukan merupakan contoh
limbah yang sulit membusuk?
a.
Kaca
b.
Logam
c.
Plastic
d.
Sisa makanan
e.
Kertas
38.
Perhatikan gambar dibawah ini!
Termasuk kedalam
jenis limbah apakah yang ada pada gambar tersebut?
a.
Limbah padat
b.
Limbah gas
c.
Limbah organic
d.
limbah cair industry
e.
limbah anorganik
39.
Perhatikan gambar dibawah ini!
a.
Limbah anorganic
b.
Limbah padat
c.
Limbah B3
d.
Limbah organic
e.
Limbah gas
40.
Manakah yang merupakan contoh limbah yang tidak
dapat terurai oleh mikroorganisme?
a.
Kertas
b.
Sisa sayuran
c.
Sisa batu baterai
d.
Dedaunan
e.
Sisa makanan
Essay
1.
Sebutkan 3 klasifikasi dari
Amphibia beserta contohnya !
2.
Sebutkan peranan pada reptilia !
3. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan rantai makanan ?
4. Sebutkan
macam-macam daur biogeokimia !
5. Sebutkan
jenis-jenis limbah berdasarkan wujudnya, dan berikan 2 contohnya !
0 comments: